Palopo dan Tim Telapak CDP IWRM NA

Tim Telapak CDP IWRM NA (Capacity Development Project on Negotiated Approach to Integrated Water Resource Management) yg kemudian lebih sering disebut Tim CDP sudah melakukan perjalanan ke Palopo sebanyak 5 kali. Dalam tahun 2009 saja, tim ini melakukan 4 kali perjalanan, yaitu Pertemuan Palopo 1 di Bulan Januari 2009, Pertemuan Palopo 2 di Bulan May 2009, Pertemuan Palopo 2A di Bulan Agustus 2009 dan Pertemuan Palopo 3 di Bulan Desember 2009. Pertemuan Palopo 4 dilakukan pada Bulan Juli 2010 yg dihadiri lengkap oleh semua peserta kelompok belajar.

Anggota Tim CDP terdiri dari Oka Andriansyah (anggota) dari Yayasan Ulayat Bengkulu, Hisma Kahman (anggota) dari Perkumpulan Bumi Sawerigading dan Rita Mustikasari (ketua) dari Telapak. Rekan Deni Boy Mochran dari Telapak yg bergabung ke dalam Tim CDP dalam Pertemuan Palopo 3, Desember 2009. Rekan kerja lain yg aktif hadir adalah Bob Purba dari Telapak untuk posisinya sebagai anggota Dewan Sumber Daya Air Nasional dan Sirajuddin dari AMAN Sulsel untuk posisinya sebagai anggota Dewan Sumber Daya Air Nasional Provinsi Sulawesi Selatan. Kelompok ini juga memiliki dua orang penasihat yaitu Rob Koudstaal seorang ahli IWRM dan Wil Burghoon seorang antropolog.

Di setiap pertemuan CDP, semua peserta tim belajar ini akan hadir dan mempresentasikan kemajuan yg sudah didapat dan memperbaiki capaian apa lagi yg bisa dibuat. Inisiatif untuk melibatkan publik ke dalam pengelolaan air di Indonesia memerlukan dukungan semua pihak. Pada Pertemuan Bulan Agustus 2009 saja, anggota Tim CDP tidak semuanya hadir di Palopo, hanya Oka dan Bob. Hal ini terjadi karena salah satu anggota tim mengalami sakit sehingga memerlukan waktu untuk mengubah waktu pertemuan. Setiap perubahan itu mencerminkan fleksibilitas perubahan kondisi sesungguhnya ketika kita merecanakan sebuah intervensi.

0 komentar:

Posting Komentar

Logo Telapak