Perjalanan Tim CDP IWRM NA Makasar - Palopo, Januari 2009 - Juli 2010




Waktu tempuh perjalanan darat Makasar-Palopo antara 8-15 jam. Perjalanan dengan bis malam adalah pilihan yg paling disukai banyak orang. Tim CDP ini sendiri memilih untuk mengkombinasikan dua moda transportasi yg ada.

Untuk jalur pergi ke Palopo, kami biasa menggunakan mobil kijang sewaan dan memilih melakukan perjalanan di siang hari sehingga bisa melihat pemandangan yg ada. Kami juga biasa menggunakan waktu yg ada untuk saling berbagi cerita. Harga sewa mobil sewaan bervariasi antara Rp800.000 – Rp1.200.000, sudah termasuk supir dan bahan bakar.


Beberapa kabupaten yg kami lalui adalah 1) Kabupaten Maros, 2) Pangkeb (Pangkajene Kepulauan), 3) Barru, 4) Pare-pare, 5) Sidrap (Sidendreng Rapang), 6) Wajo dan 7) Luwu.

Kami menyaksikan dan merasakan bagaimana perbaikan jalan Trans Sulawesi ini dikerjakan sejak awal kunjungan kami ke Palopo di awal tahun 2009. Ekstra hati-hati bagi pengendara sepeda motor karena di beberapa ruas jalan tidak cukup rambu saat pembangunan jalan ceker ayam dilakukan.

Hal yg menarik lainnya dengan perjalanan di siang hari adalah bisa menikmati kuliner sepanjang jalan. Yg paling favorit untuk menu makan siang adalah berbagai jenis ikan laut bakar dan coto makasar. Pada perjalanan pertama kami ke Palopo, Januari 2009, kami sempatkan berhenti di titik pantai dimana banyak barang dan serpihan Adam Air ditemukan (lihat poto). Ada juga sejenis kue ketan berasa manis, disebut ‘dange’, dijual sepanjang jalan lepas Maros. Ketika dahaga mulai menerpa karena panas terik Pulau Celebes, kita disuguhi oleh Buah Jeruk Bali baik yg berwarna merah atau putih yg dijual sepanjang Pangkeb. Ada juga sejenis nangka, Tarra nama lokalnya (lihat gambar).


Semua perjalanan dari Palopo, kami memilih menggunakan Bis Malam Bintang Prima. Harga tiket bis malam bervariasi antara Rp90.000 – Rp130.000/kursi, tergantung jenis suspensi bis. Kondisi bis lumayan nyaman, dengan kursi 2 di kiri dan 2 di kanan (lihat gambar). Biasanya kami menggunakan waktu dengan beristirahat di bis malam terutama setelah seminggu melakukan pertemuan dan diskusi. Bis akan tiba pagi hari di Kota Makasar, biasanya kita langsung minta untuk diturunkan di Bandara Hasanudin untuk kembali ke rumah masing-masing dengan penerbangan pagi.

Link terkait:
http://www.air.telapak.org

0 komentar:

Posting Komentar

Logo Telapak